Thursday, October 27, 2011

Hanko, segel dari asia timur yang telah digunakan beberapa abad sebelun masehi



Hanko digunakan di asia timur sebagai segel atau stempel untuk tanda keaslian atau pengukuhan keaslian dokumen pribadi, kantor, kontrak, karyaseni pembuatnya. Segel Cina biasanya terbuat dari batu, kadang-kadang dari logam, kayu, bambu, plastik, atau gading, dan biasanya digunakan dengan tinta merah atau pasta cinnabar. Hanko berbentuk persegi biasanya digunakan untuk keperluan dokumen dan organisasi, sedangkan yang berbentuk bulat biasanya merupakan cap atau stempel pribadi. Hingga kini di China daratan dan Taiwan hanko masih digunakan untuk pengesahan, namun tidak di hongkong. Karena di Hongkong lebih sering digunakan tanda tangan.
Hampir Setiap orang di asia timur memiliki stempel yang bertuliskan nama mereka. yang mereka gunakan seperti halnya tanda tangan.
Ada tiga macam hanko yang sering digunakan untuk pengesahan dokumen penting di jepang.
JITSUIN, biasanya digunakan dalam transaksi pembelian properti dan mobil. Biasanya orang-orang Jepang menyimpan ini di Safe Deposit Box yang berada di Bank, karena sangat pentingnya segel ini.
GINKOIN, tipe yang digunakan untuk hal-hal yang lebih resmi seperti berurusan dengan pihak Bank,contoh : membuat rekening di bank, maupun pengajuan kredit. bahan yang digunakan untuk tipe ini adalah bahan yang keras, yaitu Bambu, 
MITOMEIN, ini adalah tipe yang digunakan untuk keperluan sehari2 seperti tanda terima untuk Pos maupun Parsel, biasanya terbuat dari bahan karet





             
                                                     
sumber http://nomihodai.org/index.php/2009/03/the-hanko-or-inkan/

No comments:

Post a Comment

Pemesanan

Sedang mencari stempel emboss ? silakan hubungi bb kami 5E1A934B atau WA/sms : 085854730109